USABILITY
Usability berasal dari kata usable yang berarti dapat digunakan dengan baik. Usability sendiri lebih tepat dikatagorikan sebagai paradigma dari sebuah aplikasi (baik dari sisi perangkat lunak maupun perangkat keras) yang menggambarkan tingkat kenyamanan pemakaian darisisi pengguna.
Usability adalah kondisi dimana seseorang bisa dengan mudah menggunakan sebuah alat atau objek tertentu buatan manusia untuk dapat mencapai suatu tujuan. Usability yang dimaksud pada Interaksi Manusia dan Sosial yaitu bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Usability merupakan bagian penting yang harus terpenuhi dalam perancangan sebuah sistem.
Menurut
Jakob Nielsen, usability memiliki lima kriterian yang sangat penting, yaitu :
1) Learnability
❖
Teks yang digunakan jelas bagi pembaca
❖
Warna teks nyaman untuk dibaca
❖
Menu yang ada mudah untuk difahami
❖
Kalimat yang mudah untuk difahami
2) Effeciency
❖
Struktur menu tersistem
❖
Menu dapat tampil dengan ccepat saat di-klik
3) Memoriability
❖
Nama halaman web mudah diingat
❖
Memiliki widget Calender Event
4) Error
❖
Tidak terdapat error pada tiap link halaman
❖
Terdapat pesan yang jelas bila terjadi error
5) Satisfaction
❖
Mampu membuat user dapat dating kemali
❖
Menyajikan informasi yang dibutuhkan
❖
Informasi yang disajika ter-up to date (terkini)
Usability (Daya Guna) memiliki prinsip dalam interaksi manusia dan
komputer yaitu:
·
Human Ability
Adalah kualitas kemampuan manusia, Dalam IMK human ability terdiri atas
kemampuan memahami tinggi, kapasitas memori long term tidak terbatas,
pengenalan pola pikir yang powerfull. namun buruknya adalah proses cenderung
salah, lambat dan akses yang tidak dapat diandalkan pada short term memory
(STM)
·
Human Capability
suatu kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu yang dimilikinya tetapi
lebih mengarah kepada anggota penginderaan pada manusia itu sendiri
·
Memori
Memori adalah suatu tempat atau wadah untuk menyimpan data atau
informasi. Memori juga dapat menyimpan pengetahuan factual dan pengetahuan
procedural
·
Proses
berjalannya suatu kegiatan untuk mencapai tujuanyang akan dicapai. Pada
usability proses yang dimaksud yaitu tahapan dalampengerjaan dan pemahaman
dalam berinteraksi antara manusia dngan komputer.
·
Observation
pengamatan dimana orang lebih fokus untuk menyelesaikan masalah, tidak
untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif. Orang menggunakan perbandingan
jika tidak ada penyelesaian. Orang lebih kepada heuristic dibanding
algorithmic.
·
Problem Solving
Penyelesaian
masalah dalam IMK ini setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan.
0 Komentar untuk "USABILITY PADA INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER "